Perusahaan baru ? kenapa tidak !!!


Mendapatkan kerja baru di sebuah perusahaan adalah hal yang sangat mengemberikan. Menemukan teman-teman yang baru dengan lingkungan yang berbeda.

Berbeda dengan pengalaman yang pernah  saya rasakan dengan kantor yang baru. Setelah mengikuti semua tes yang di berikan oleh pihak perusahaan dan bernegosiasi dengan kepala HR nya semua kesepakatan telah terbentuk dan pihak perusahaan berjanji akan menghubungi lagi via telpon 2 atau 3 hari lagi dengan kesepakatan gaji yang sangat jauh dari yang saya harapkan, tetapi saya tetap menerimanya. Yang ada di dalam benak saya adalah angka nominal tersebut masih cocok dengan posisi yang di lamar.

Tetapi pada sore harinya ,tanpa harus menunggu 2 atau 3 hari lagi perusahaan tersebut sudah menghubungi saya dan menginformasikan bahwa sanya saya sudah dapat bekerja di perusahaan tersebut. Dan sesegara mungkin datang untuk menandatangani surat pernjajian kerja dari pihak perusahaan tersebut.

Tetapi ada hal aneh yang saya dapatkan oleh pihak perusahaan ketika memberikan indoramasi via telpon saat itu, Bahwasanya Perusahaan meminta menurunkan gaji sebesar Rp. 50.000 dari gaji yang telah di sepakati (jadi kaget dan Ngakak ….nawarnya seperti di pasar induk ), karena saya berpikir ini adalah kesempatan saya untuk mendapatkan kerja ini dan mungkin ini adalah batu locantan saya ke depannya, saya menerima permintaan Negosiator tersebut. Dan saya berjanji untuk datang di hari senin siap bergabung di perusahaan tersebut.

Dan tibalah saatnya hari senin tiba (deg degan). Sambutan hangat dari karyawan lama dengan sebuah sapaan dan senyuman. Untuk menandatangani kotrak kerja dengan perusahaan tersebut saya harus menunggu kepala HR yang kebetulan datang terlambat. Dari pada menunggu ada sedikit pekerjaan yang di tawarkan oleh atasan saya.  sayapun menerimanya dan selesai ketika jam pulang sambil menantikan surat perjanjian kerja.

Kepala HR pun memangil saya ke ruanganya. Dia menyodorkan sebuah kertas kepada saya dan meminta saya agar membaca sampai selesai.

Ada Point yang aneh dari pernjanjian tersebut bahwasanya saya harus menyerahkan IJAZAH ASLI ke perusahaan tersebut selama saya berkerja di sana, dan yang lebih anehnya lagi posisi yang saya lamar sebelumnya bertambah menjadi “XX dan CCC ” <<< sumpah kaget banget ….pantesan ketika di pagi hari atasan ingin bertemu dan memberikan sebuah project…yang jauh dari Jobdesk yang di tawarkan …. (positif thingking…). Dan satu lagi hal yang sangat aneh… Kenapa Surat perjanjian kerja tidak menggunakan Coprs Surat ya.

Dan pada akhirnya setelah saya mempelajari surat perjanjian kerja tersbut dan mencari cari fakta yang berkembang , saya memutuskan tidak dapat bergabung keperusahaan tersebut.

Hal hal aneh

  • Negosiasi gaji lewat telpon dan secara mendadak
  • Surat pernjanjian yang tidak menggunakan Koprs Surat
  • perubahan sepihak mengenai Job description
  • Ijazah Asli yang di tahan

Refrensi bacaan

7 thoughts on “Perusahaan baru ? kenapa tidak !!!

Leave a Reply

