Kita adalah manusia bajakan !!!


Kita adalah manusia bajakan, tunggu sebentar jangan marah dulu sama postingan gua kali ini, banyak kita dengar di setiap media orang berteriak stop membajak tapi dalam realita kehidupan (cieh keren juga bahasa gua) kita ga pernah terlepas dari kata-kata bajakan, Mulai dari software bajakan sampai dengan gadget juga bajakan.

Dulu di tempat gua bekerja semua OS dan Software bajakan !!. Pernah sekali waktu ada rahazia software ke perusahaan, dan alhasil semua PC yang menggunakan windows bajakan di masukin kedalam gudang *hahahahah … Kebayang ga sebarapa besar kerugian perusahaan itu dalam beberapa jam. Sebenarnya apa sih yang membuat kita melakukan hal itu, apakah kita sudah terbiasa mencuri hak orang lain atau memang peraturan di negara kita masih abu abu dengan hal yang berhubungan dengan membajak atau memang dari diri kita sendiri yang memang terjebak dalam keadaan tersebut. Pemerintah sendiri ga pernah mendukung yang namanya Open source “gimana ga ngedukung wong anggota DPR pake Excel aja ga bisa apalagi di suruh menggunakan Open Office”

beberapa Software pengganti

  1. winzip >>>>>> 7zip
  2. OS >>>> Linux
  3. Photoshop >>>>GIMP
  4. MS office >>>> Open Office
  5. Acrobat PRo >>> PDF creator
  6. MS Outlook >>> Thunder BIRD
  7. Dreamweaver >> Aptana

Ya sebenernya masih banyak lagi yang lain sih.

So …. kembali ke masalah Bajak membajak. Mari kita membajak !!! maksud membajak sawah…hahahaha

Dari sudut pandang gua sebagai “Designer kacangan ” gua  yakin kok, meskipun banyak diantara kita yang mengabaikan masalah ini, tapi efek penggunaan software bajakan ini udah nyrempet di kehidupan kita semua para pekerja desain.. contoh paling sederhana misalnya: dengan harga software bajakan yang murah meriah ini (5rebu paling sekeping), otomatis standar harga desain jadi murah meriah juga dong?? makanya sampe ada yang biaya desain dihargai 20 rebu segala :(  imbasnya lagi ya standar gaji bidang desain yang jadi ikut murah juga,…

Dulu kayaknya juga pernah denger ada orang bule yang sampe ngomong bahwa di indonesia, lebih susah nyari software yang asli daripada yang bajakan… (kebalikan ama di luar negri sono tuh..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s