The Team


Hampir semua cerita tentang  kejayaan perusahaan atau organisasi selalu dibentangkan oleh sebuah tim kerja yang ekselen. Bukan hanya sebuah perusahaan team work juga sangat penting adanya,  gua ambill contoh dengan Chicago Bulls Basket ball Club sebuah team yang sangat bagus di era mereka, Disana kita liat team work mereka yang saling menopang dan bisa saling bekerja sama dengan baik. Walaupun terkadang orang awam akan menilai hanya ada 1 sosok yang terlihat.

Ada 3 Poin yang menurut gua harus di angkat dalam membangun sebuah TEAM yang KUAT

1. TEAM LEADER YANG KREDIBEL

Kita sebagai bawahan boleh punya tujuan tim yang heroik, atau punya para anggota team dengan talenta yang mengagumkan. Namun tanpa team leader yang inspiring, sebuah tim bisa terseok-seok di tengah jalan dan lalu terpelanting.

Pelan-pelan para anggota tim bisa digayuti rasa frustasi, kehilangan arah dan goyah; lantaran sang ketuanya gagal memberikan panduan yang jelas dan inpsiring. Semangat dan spirit kerjasama tim juga perlahan redup lantaran kegagalan sang leader untuk membangun komunikasi yang tegas dan monitoring yang konsisten, tepatnya adalah seorang harus bisa jadi sumber inspirasi oleh bawahannya.

Dalam kondisi seperti itu rentan sekali terjadi konflik dan retak

2. KOMUNIKASI DAN KOORDINASI

Disini komunikasi dan Koordinasi sangat penting adanya, berdasarkan dengan pengalaman yang gua liat, banyak konflik terjadi dalam sebuah team hanya gara2 Miss komunikasi antara 1 team yang lain ataupun antara bawahan dan atasan, Masing punya arah yang bertolak belakang dan bersimpangan tanpa ada koordinasi yang jelas dan tegas. ketika 2 kata ini lenyap dan akan timbul rasa saling menyalahkan. Pada era teknologi banyak yang beranggapan bahwa hanya dengan email dan Chat di dunia maya informasi yang akan di sampaikan akan cepat tersampaikan, eh ternyata hal itu malah bisa menimbulkan opini negatif bagi sipenerima informasi, karena dengan cara berkomunikasi langsung akan lebih baik karena kita bisa merasakan dan melihat mimik langsung.

3. KEBERSAMAAN

Point yang terakhir adalah terbangunnya rasa kebersamaan demi tercapainya tujuan team, Hal yang sangat di takutkan disini adalah rasa egois yang sangat kental (gua yang paling banyak kontribusi buat team !!).

wah udahan ah pagi pagi gini gua udah ngomongin masalah organisasi, udah kayak MARIO TEGUH aja, ……

3 thoughts on “The Team

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s